Jumat, 13 Januari 2012

Lintas Budaya

NAMA           : DUHYTA FENTI
NPM               : 13509679
KELAS          : 3PA06

Pengertian psikologi lintas budaya
Kalau lintas budayanya sendiri maksudnya adalah memahami keragaman budaya yang ada di dunia sekaligus dampak budaya tersebut terhadap kelangsungan masyarakat social dalam lingkup budaya tertentu. Sementara kalau dalam Psikologi lintas budaya, pembahasannya seputar pengaruh lingkungan budaya terhadap perilaku individu
Menurut Matsumoto,dalam arti luas psikologi lintas budaya terkait dengan pemahaman atas apakah kebeneran dan prinsip-prinsip psikologis bersifat universal (berlaku bagi semua orang disemua budaya) ataukah khas budaya (culture spascific,berlaku bagi orang-orang tertentu dibudaya-budaya tertentu).
Menurut Seggal,Dasen,dan Poortinga (1990) psikologi lintas budaya adalah kajian ilmiah mengenai perilaku manusia dan penyebarannya,sekaligus memperhitungkan cara perilaku iru dibentuk, dan dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan sosial dan budaya .Pengertian ini mengarahkan perhatian pada dua hal pokok, yaiutu keragaman perilaku manusia di dunia,dan kaitan antara perilaku individu dengan konteks budaya,tempat perilaku terjadi.
Triandis (1980) mengungkapkan bahwa psikologi lintas budaya berkutat dengan kajian sistematik mengenai perilaku dan pengalaman sebagaimana pengalaman itu terjadi dalam budaya yang berbeda,yang dipengaruhi budaya atau mengakibatkan perubahan-perubahan dalam budaya yang bersangkutan.

Hubungan psikologi lintas budaya dengan ilmu lain
Sosiologi ilmu yang mempelajari apa yang sedang terjadi saat ini, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan lain oleh sebuah kelompok atau individu.
Antropologi dalam definisinya antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan prilakunya dengan tujuan mengetahui atau memperoleh definisi mengenai keanekaragaman dari manusia tersebut. Asalkan sesuatu yang dilakukan manusia memerlukan belajar maka hal itu bisa dikategorikan sebagai budaya. Hanya sebagian kecil dimensi manusia yang tidak dicakup dalam konsep budaya, yakni yang terkait dengan insting serta naluri.


Artikel psikologi lintas budaya
Pindah ke sebuah negara baru? Khawatir tentang culture shock? Melakukan bisnis internasional? Bekerja di jaringan lintas budaya? Bob Robertson, di Robertson Bahasa Internasional, berbagi tips atas untuk sukses.
Dengan penekanan pada peningkatan jangkauan global, lebih banyak organisasi, tim dan individu diwajibkan untuk meningkatkan pemahaman budaya untuk meningkatkan hubungan kerja, membangun rapports kuat, dan meningkatkan bisnis.
Untuk meminimalkan stres yang terlibat dan komplikasi yang timbul selama transisi, kami sarankan Anda:
  1. Memahami budaya sendiri untuk memahami dengan jelas perbedaan dan perubahan yang diperlukan
  2. Tentukan sendiri tujuan yang jelas dan tepat, menempatkan ke dalam tindakan, dan membuat rencana aksi jangka waktu
  3. Penelitian negara baru Anda, menonton video, dan mendengarkan radio untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang berita lokal
  4. Cobalah untuk mengunjungi negara sebelum Anda pindah. Ketika mengunjungi, mendapatkan pemahaman tentang gaya hidup lokal - mana adalah supermarket lokal, toko dan toko-toko?
  5. Pelajari tentang persyaratan bisnis - apa yang etika bisnis standar, dan apa tahapan komunikasi? Mulai untuk berkomunikasi dengan kontak lokal Anda
  6. Mendobrak hambatan Anda saat ini. Kita semua memiliki tingkat prasangka, stereotip dan prasangka tentang budaya yang berbeda. Dengan mengambil pandangan terbuka di ini, Anda akan mencapai hasil yang lebih besar
  7. Luangkan waktu sourcing seorang pelatih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami akan menyarankan menggunakan seorang pelatih berpengalaman dan sangat terampil dengan pengetahuan luas tentang negara
  8. Bawa antusiasme dan motivasi untuk semua sesi pelatihan Anda, Anda akan belajar lebih banyak
  9. Bicaralah kepada ekspatriat berpengalaman lain, dan mencari klub expat dan forum dukungan yang dapat membantu Anda
  10. Mengharapkan tumbuh gigi masalah - Anda tidak akan mengharapkan untuk pindah ke rumah baru tanpa beberapa hal terjadi di sini dan di sana. Jadilah pasien, dan menyediakan waktu untuk menetap di dan berteman dengan orang-orang berpikiran.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar