Senin, 03 Januari 2011

Manfaat Dari Barang Bekas

Banyak dari orang yang tidak memanfaatkan dari barang-barang bekas yang telah digunakan sehari-hari. Padahal  dari barang-barang bekas tersebut masih dapat dimanfaatkan kembali, guna juga untuk menjaga kelestarian dari lingkungan yang semakin memburuk. Dalam hal ini saya ingin memberikan beberapa tips manfaat dari barang-barang bekas yang sehari-hari kita gunakan atau kita temukan, diantaranya:
-          Manfaat kardus bekas: kardus bekas mie, barang elektronik atau lainya jika dibelah terdiri dari tiga lapis kertas.  Pada bagian tengahnya bergelombang dan ini bisa dimanfaatkan sebagai pemanis kartu ucapan dan dapat dihias sesuai selera atau sesuai tema ucapan. Selain itu, dapat juga dijadikan bingkai foto yang unik dan menarik.
-          Jangan buang gelas retak: dengan sentuhan cat pada gelas, dapat dimanfaatkan untuk wadah alat tulis atau lainnya. Cara yang lebih mudah adalah dengan menempelkan stiker yang menarik sesuai keinginan.
-          Sarung bantal menjadi sarung pakaian: jika dirumah terdapat sarung bantal yang tidak dipakai atau sudah rusak, jangan lekas dibuang karena benda ini dapat menjadi teman mencuci yang baik. Saat mencuci pakaian yang mudah rusak, tetapi ingin menggunakan mesin cuci, masukan pakaian kedalam sarung bantal dan ikat dengan benang agar tidak keluar. Dengan begitu pakaian tidak bercampur dengan yang lain dan tidak mudah rusak.
-          Bohlam bekas serba guna: bohlam bekas dapat dimanfaatkan sebagai pot tanam akar serabut. Selain itu, bnda bekas tersebut dapat dijadikan akuarium untuk ikan yang berukuran kecil. Manfaat lainnya adalah bisa dijadikan kaca pembesar, caranya isi bohlam dengan air hingga penuh, kemudian tutup dengan plastik dan ikat supaya airnya tidak keluar.
-          Aksesoris dari botol bekas: botol bekas minuman yang memiliki bentuk unik dan menarik dapat diapajang sebagai aksesoris ruang dengan berbagai gaya dan warna hingga pantas menjadi benda pajangan. Botol bekas yang memiliki bentuk unik dapat dijadikan vas bunga atau botol hias saja. Dengan diisi berbagai pasir warna, botol pun akan terlihat semakin unik.
-          Celengan kaleng bekas: kaleng-kaleng bekas seperti kaleng susu, cat, atau makanan sebaiknya jangan dibuang. Karena dapat dimanfaatkan menjadi benda berguna. Caranya, bersihkan kaleng dari kertas luarnya. Setelah bersih bagian luar dilukis dengan tema abstrak atau sesuai selera. Jika digunakan sebagai celengan, lubangi bagian atasnya dengan pisau. Sementara jika digunakan sebagai pot tanaman, lubangi bagian bawahnya sesuai kebutuhan.
-          Transformasi boneka bekas: dalam hal ini bisa dibuat dengan cara, mengeluarkan isi boneka dan simpanlah benda berharga didalamnya. Selain itu, boneka bisa dijadikan sandaran buku, tetapi diperlukan pemberat agar tidak mudah bergeser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar