Senin, 03 Januari 2011

Pulau Menjangan, Surganya Divers…

Terdapat pulau indah yaitu pulau menjangan yang memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan dan saat ini menjadi salah satu pusat kunjungan utama para turis, terutama para divers yang datang kebali. Keindahan bawah laut pulau menjangan merupakan salah stu  yang terindah didunia. Karang-karangnya tersusun menyerupai trasering dan menempel didinding hingga kedalaman 50meter. Ada karang biru, karang meja, dan berbagai jenis karang lain yang dilindungi pemerintah perairan dan kelautan. Keindahan panorama bawah laut dikawasan ini tidak kalah dengan panorama bawah laut di karibia. Selain memiliki keindahan bawah laut, pemandangan darat termasuk pantainya tidak kalah indah, serta mempunyai  budaya masyarakatnya yang unik. Perairan menjangan sanagt cocok untuk dijadikan tempat menyelam maupun snorkeling melintasi karang-karang yang tak terlalu dalam. Jenis air laut kawasan pulau ini mendukung untuk pandangan jarak jauh. Dalam kondisi prima, jarak pandangannya bisa mencapai 50meter.  Banyak lokasi penyelaman menarik yang tersebar disekeliling pulau ini. Salah satunya lokasi itu adalah “Anker Wreck” dimana kita akan mendapati bangkai kapal yang karam sekitar 150 tahun yang lalu. Didalam kapal kita akan menemukan artefak-artefak, namun penyelam tidak dapat izin untuk membawa pulang benda tua tersebut.
Dipulau menjangan juga banyak ditemui gua-gua karang yag merupakan rumah bagi berbagai binatang khas karang, berupa belut raksasa, clown fish, scorpion fish, dan kuda laut. Bahkan bila beruntung kita dapat menemukan kura-kura laut serta hiu karang. Untuk menuju pulau menjangan, hanya membutuhkan waktu sekitar 30menit untuk menyeberang dengan menyewa speed boat dari pantai lovina. Karen merupakan kawasan yang dilindungi. Dipulau menjangan ini hanya terdapat satu penginapan. Tetapi banyak penginapan yang ada didaerah lovina.
Jadi yang saya harap semoga saja keindahan pantai  yang ada diseluruh Indonesia ini dapat menjaga kelestariannya dan dapat meningkatkan tingkat perekonomian negara maupun masyarakat sekitar. Sehingga dapat mensejahterakan masyarakat yang berkunjung. Dan menurut saya bagi pecinta menyelam dan penikmat keindahan pantai dapat berkunjung ke pulau menjangan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar