Senin, 03 Januari 2011

Mengurangi Global Warming

Sebenarnya kita tidak memerlukan perubahan yang drastis untuk membantu Bumi ini menjadi lebih bersahabat. Ubahlah beberapa kegiatan yang dapat menurunkan "jejak karbon" yang biasa kita lakukan. Yang pada akhirnya akan menghemat uang kita juga. Tetapi yang terpenting adalah kita memberikan generasi yang berikutnya berupa tempat yang lebih baik untuk ditempati. Dalam hal ini saya ingin memberikan beberapa tips yang sederhana tetapi sangat bermanfaat jika kita melakukannya secara rutin. Untuk mengurangi global warming ini sudah dibagi menjadi beberapa kategori yang dapat memudahkan kita mengingat dalam melakukannya.
Dalam hal makanan dan minuman, diantaranya:
-          Kurangi mengkonsumsi daging, karena berdasarkan penelitian untuk menghasilkan 1kg daging setara dengan menghabiskan 15kg gandum. Selain itu peternakan juga penyumbang 18% “jejak karbon” didunia, yang mana lebih besar dari sektor transportasi berupa mobil, motor, dan pesawat.
-          Makan dan masak dari bahan yang masih segar, menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Lagi pula makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh kita.
-          Beli produk lokal, hasil pertanian lokal sangat murah dan yang pasti sangat menghemat energi. Dan yang pasti makanan organik lebih ramah lingkungan.
-          Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas, karena energy untuk membuat satu kaleng aluminium atau sebuah plastic setara dengan energy untuk menyalakn TV selama 3 jam.
-          Hindari  makanan cepat saji, fast food atau makanan cepat saji ini merupakan penghasil sampah terbesar didunia. Selain itu fast food juga tidak baik untuk kesehatan kita.
-          Tanam pohon setiap ada kesempatan,  baik di lingkungan ataupun dengan berpartisipasi dalam program penanaman pohon. Bisa dengan menyumbang bibit, dana, dan lain-lain. Tergantung kesempatan dan kemampuan kita untuk melakukannya.
Selain itu juga terdapat dalam hal intern. Misalnya dalam rumah. Diantaranya:
-          Turunkan suhu AC Anda,  hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita merasa cukup nyaman saja. Dan cegah kebocoran dari ruangan ber-AC Anda. Jangan biarkan ada celah yang terbuka jika kita sedang menggunakan AC kita karena hal tersebut akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan kita. Pada akhirnya hal ini akan menghemat tagihan listrik kita.
-          Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes, selain menghemat energi dan air bersih, ini akan menghemat banyak tagihan kita.
-          Kurangi waktu dalam membuka lemari es kita, untuk setiap menit kita membuka pintu lemari es. Akan diperlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.
-          Jika menggunakan deodorant atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol. Pilihan spray dengan kemasan botol kaca akan lebih baik. Aerosol juga penyumbang besar dalam pencemaran udara kita.
Jangan membeli bunga potong. Jika daerah kita bukan penghasil bunga hias, maka bisa dipastikan bunga itu dikirim dari tempat lain. Hal ini akan menghasilkan "jejak karbon" yang besar.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar